Selasa, 15 September 2015

Pengelolaan Lingkungan Belajar untuk Anak Usia Dini


Pengelolaan Lingkungan Belajar
untuk Anak Usia Dini
By : Rita Mariyana, M.Pd
1.      Kekhasan pembelajaran anak usia dini :
ü  Pembelajaran adalah penyiapan suatu kondisi agar terjadinya belajar (Nana Sudjana, 1987).
ü  Didasarkan pada kebutuhan-kebutuhan anak.
ü  Hands on experience

2.      Pentingnya penyediaan lingkungan belajar yang kondusif  bagi anak :
Karena hal ini merupakan faktor penentu dalam keberhasilan dalam mencapai tujuan.

3.      Definisi istilah pengelolaan lingkungan belajar :
ü  Definisi pengelolaan :
ü  Definisi lingkungan :
ü  Definisi belajar :
4.      Jenis lingkungan belajar  :
ü  Fisik : meliputi material, dsb.
ü  Non Fisik : meliputi hal-hal yang menyakut kondisi yang akan mempengaruhi kondisi psikis anak (yang berkaitan dengan ruh-nya).
5.      Prinsip umum penataan ruangan
ü  Arah ruangan
ü  Ukuran ruangan
ü  Lantai ruangan
ü  Atap dan langit-langit ruangan
ü  Penataan  dinding ruangan. 
6.      Jenis ruangan
ü  Area lingkungan belajar Indoor
Ø  Area bahasa, seni, dsb.
Ø  Tempat penyimpanan alat pendidikan edukatif (APE)
ü  Area lingkungan belajar Outdoor
Ø  Perosotan, ayunan, dsb.
Ø  Adapun prinsip umum dalam penataan outdoor diantaranya adalah memenuhi standar keamanan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar