Pengelolaan Lingkungan Belajar
untuk Anak Usia Dini
By
: Rita Mariyana, M.Pd
1. Kekhasan
pembelajaran anak usia dini :
ü Pembelajaran
adalah penyiapan suatu kondisi agar terjadinya belajar (Nana Sudjana, 1987).
ü Didasarkan
pada kebutuhan-kebutuhan anak.
ü Hands on experience
2. Pentingnya
penyediaan lingkungan belajar yang kondusif
bagi anak :
Karena
hal ini merupakan faktor penentu dalam keberhasilan dalam mencapai tujuan.
3. Definisi
istilah pengelolaan lingkungan belajar :
ü Definisi
pengelolaan :
ü Definisi
lingkungan :
ü Definisi
belajar :
4. Jenis
lingkungan belajar :
ü Fisik
: meliputi material, dsb.
ü Non
Fisik : meliputi hal-hal yang menyakut kondisi yang akan mempengaruhi kondisi
psikis anak (yang berkaitan dengan ruh-nya).
5. Prinsip
umum penataan ruangan
ü Arah
ruangan
ü Ukuran
ruangan
ü Lantai
ruangan
ü Atap
dan langit-langit ruangan
ü Penataan dinding ruangan.
6. Jenis
ruangan
ü Area
lingkungan belajar Indoor
Ø Area
bahasa, seni, dsb.
Ø Tempat
penyimpanan alat pendidikan edukatif (APE)
ü Area
lingkungan belajar Outdoor
Ø Perosotan,
ayunan, dsb.
Ø Adapun
prinsip umum dalam penataan outdoor diantaranya adalah memenuhi standar
keamanan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar